Aab Ellectra

Selasa, 01 Oktober 2013

Membaca kode dioda zener

Bagaimana membaca kode dioda zener.

Banyak teknisi yang bingung tentang cara untuk benar-benar membaca kode dioda zener. Ada banyak jenis nomor kode yang ditunjukkan pada tubuh itu. Tampilan dan bentuk sebuah dioda zener keliru sometimescan menjadi sinyal normal dioda. Untuk membedakan itu, adalah dengan melihat codenumber pada tubuh itu-apakah itu normal atau dioda zener dioda. Terima kasih kepada produsen di mana papan utama mereka yang tercetak dengan kata 'ZD' yang dimaksud dioda zener dan 'D' berarti sebuah dioda.

Namun, dari saya mengalami beberapa printed circuit board yang menandai dari 'D' juga dapat mewakili dioda zener. Ini akan menyesatkan seorang teknisi ke percaya sebuah dioda zener dioda sebenarnya. Kita sebagai seorang teknisi atau insinyur harus tahu atau sensitif tentang tanda. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengacu nomor kode yang tercetak pada komponen tubuh dari sebuah buku data semikonduktor. Tanpa buku data sangat sulit untuk mengetahui yang sebenarnya tegangan dioda zener. Jika Anda tidak memiliki buku data Anda bisa ke mesin pencari google dan ketik kode berikut ini dan berharap Anda dapat menemukan jawaban di sana! Sebuah salah penggantian dioda zener dapat menyebabkan kerusakan peralatan Anda dan kadang-kadang bahkan akan meledakkan peralatan Anda. Waktu dan uang kerugian akibat bahwa kita kurangnya pengetahuan tentang mengidentifikasi kanan tegangan dioda zener. Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi kode, jangan khawatir karena newsletter ini di sini untuk membimbing Anda untuk berhasil tentang cara membaca kode dioda zener.




5. 1 = 5. Dioda zener 1Volt




5V1 = 5. Dioda zener 1Volt




12 = 12 Volt dioda zener




12V = 12 Volt dioda zener




BZX85C22 = 22Volt 1 watt dioda zener (lihat EKG PHILIPS PETUNJUK PENGGANTIAN MASTER semikonduktor)




BZY85C22 = 22Volt 1 / 2 watt dioda zener (lihat EKG PHILIPS PETUNJUK PENGGANTIAN MASTER semikonduktor)




Catatan: Ada juga bagian nomor seperti BZVXXXXX di mana Anda harus mencari dari EKG SEMICONDUCTOR BOOK.




1N4746 = 18 Volt 1 watt dioda zener (lihat EKG PHILIPS PETUNJUK PENGGANTIAN MASTER semikonduktor)




6C2 = 6. 2 Volt dioda zener. (Jika Anda melihat kode dioda zener ini ditulis sebagai TOP DARI 6C2 BACAAN UNTUK BOTTOM) Jangan membaca dari bawah ke atas jika tidak, nilai yang anda dapatkan adalah yang 2C6 Anda tidak dapat menemukan data dari buku!




Saya percaya banyak orang akan bertanya bagaimana cara mendapatkan tegangan untuk kode 6C2. Masih merujuk pada buku EKG, Anda harus mencari nomor bagian HZ. Itu berarti bukannya mencari 6C2, cari HZ6C2 dan Anda akan mendapatkan jawabannya! Zener tegangan terendah yang saya temukan adalah 2. 4 volt dan tertinggi adalah 200 Volt 5 watt.




Kesimpulan-Be waspada saat memeriksa nomor bagian dari sebuah dioda zener. Jangan selalu beranggapan bahwa dioda sinyal kecil selalu merupakan dioda zener. Dengan hati-hati mengamati tanda pada papan utama dan membaca dioda zener nomor bagian mengacu pada buku semikonduktor, sebaiknya EKG SEMICONDUCTOR DATA BUKU yang dapat Anda peroleh dari distributor elektronik lokal Anda. Dengan pengetahuan ini dalam pikiran, Anda akan berhasil menemukan tegangan yang tepat dari dioda zener.

6 komentar:

  1. mantaps gan, nice article.. oya ane kasih contoh gan implementsi dioda zener dan cara installasinya.. bagi yang masih newbe,, jangan sampe kebalik lho.. heheh :D semoga bermanfaat thanks

    http://gatewawan.blogspot.com/2014/06/penerapan-transistor-dan-dioda-zener.html

    BalasHapus
  2. Bos. Mau tanya nih.. di diodanya cuma ada tulisan t3d18.. maksud kodenya apa bos ya.. cari2 di gugel. Malah dapet dioda zener china.lagi mau cari penggantinya nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti regulator tv lcd panasonic ya gan? punya saya jg problem di situ, nyari ganti nya susah
      mhn info dari para suhu

      Hapus
  3. Saya mau tanya ada masalah dioda apa tertulis c30 5T ini termasuk dioda apa ,apa ada di pasaran ?

    BalasHapus
  4. Mau tanya di bodi tertulis 2B1 itu zener ukuran berapa vol nya trimakasih.!

    BalasHapus